Selasa, 02 Oktober 2012

Apa Bahasa Indonesia Itu ????

Sejak diikrarkannya Sumpah Pemuda, pada tanggal 28 Oktober 1928, bangsa Indonesia mempunyai bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Sebagaimana telah kita ketahui, bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang mempunyai bahasa daerah masing-masing. Dengan ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, seluruh bangsa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Hal ini tercantum pula dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 36 yang berbunyi "Bahasa Negara adalah bahasa Indonesia".

Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia juga berfungsi sebagai (1). Lambang kebanggaan nasional, (2). Lambang identitas nasional, (3). Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial, budaya, dan bahasanya, dan (4). Alat penghubung antar budaya dan antar daerah.

Selain itu, sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai (1). Bahasa kenegaraan, (2). Bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, (3). Bahasa perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan, dan (4). Bahasa resmi di dalam pembangunan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

Jadi walaupun kita, berbeda suku, berbeda agama, ras bahkan dengan berbeda budaya sekalipun, itu semua  tidak akan menjadikan penghalang untuk menjalin persaudaraan terhadap sesama rakyat Indonesia. Kita harus bangga dengan perbedaan yang kita miliki. Kenapa? itu membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang Unik, yang berbeda tapi kita dapat bersatu untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Our Linguistik. Design By: SkinCorner