Minggu, 27 Januari 2013

Resensi Buku



Resensi berasal dari bahasa latin yaitu dari kata revidere atau recensere, yang artinya kembali, menimbang, atau menilai. Jadi resensi adalah tulisan yang isinya memberikan penilaian, mengungkapkan kembali isi buku, membahas atau mengkritik kelebihan dan kekurangan dari sebuah buku dengan penuh tanggung jawab.  Penuh tanggung jawab maksudnya adalah data yang ditampilkan haruslah data yang meyakinkan yang ditujukkan dalam bentuk kutipan-kutipan.
Resensi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang komprehensif terhadap keseluruhan isi buku, agar dapat mendiskusikan lebih jauh problema yang muncul dari sebuah buku dan  memberikan pertimbangan kepada pembaca atas layak tidaknya sebuah buku untuk dibaca.
Resensi ditujukkan untuk buku-buku baru yang dapat meningkatkan wawasan penulisnya. Menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas serta komunikatif.
Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam membuat resensi adalah sebagai berikut.
A.      Organisasi buku
Dalam hal ini buku tersebut dinilai berdasarkan susunanya seperti judul buku, nama pengarang, jumlah halaman, tebal buku, tahun terbit/edisi buku, harga buku.
B.      Isi Buku
Dinilai berdasarkan kelengkapan, kejelasan dan ketajaman isinya.
C.      Bahasa Buku
Bagaimana bahasa yang digunakannya baik dari segi kebakuannya, keefektifan, maupun dari segi menariknya.
D.      Teknik penulisan
Bagaimana segi penggunaan ejaan, kejelasan dalam pencetakan, kesalahan cetak, maupun dari segi kemenarikan buku tersebut.
                Struktur resensi terdiri dari :
     1.       Bagian Pembukaan
       Bagian utama yang harus ada adalah judul, pengarang, tahun terbit, penerbit, jumlah halaman, edisi  buku, tebal buku, harga buku.
     2.       Bagian Isi
         Berisi ringkasan isi buku, keunggulan buku, kekurangan buku.
     3.       Bagian Penutup
Berisi sasarn resensi, pertimbangan bagi pembaca, saran pembuat resensi pada para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Our Linguistik. Design By: SkinCorner