Jumat, 07 Desember 2012

Manusia dan Pentingnya Teknologi Informasi



Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri, manusia memerlukan orang lain untuk berkomunikasi. Hanya dengan cara berinteraksilah mereka dapat saling memahami dan saling tolong- menolong. Tanpa alat komunikasi hubungan antar manusia tidak akan berjalan harmonis, mereka tidak dapat saling mengerti, saling memahami dan mereka juga tidak dapat saling mengetahui bagaimana kondisi saudara-saudaranya. Sehingga atas dasar kebutuhan tersebut manusia berupaya  mencari dan menciptakan sistem atau alat untuk saling berinteraksi. Misalnya saja pada jaman dahulu manusia tinggal di dalam gua, untuk melakukan sebuah interaksi mereka biasanya menggambar pada dinding-dinding gua tersebut. Namun seiring dengan perkembangan jaman mereka menciptakan suatu teknologi mulai dari yang sederhana seperti menggunakan isyarat (tangan, asap dan bunyi), semakin kesini mereka sudah mulai menggunakan huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, dan sekarang sudah mulai merambah ke dalam teknologi yang canggih seperti telepon dan internet. Begitu pentingnya teknologi Informasi sehingga kalau kita perhatikan dari jaman dahulu pun mereka sebenarnya sudah sangat antusias untuk menciptakan alat yang dapat mereka gunakan untuk berkomunikasi.
Selain itu teknologi informasipun juga dapat meningkatkan kinerja serta memungkinkan semua kegiatan dapat terselesaikan dengan cepat , tepat, akurat dan meningkatkan produktifitas kerja karena teknologi informasi menghasilkan informasi yang berkualitas dan sangat relevan baik untuk keperluan pribadi, bisnis, kesehatan, hobi, ,dan rohani maupun pemerintahan.  Jadi dapat dikatakan bahwa teknologi informasi dapat memberikan kontribusi yang signifikan  terhadap kehidupan manusia. Seperti yang telah disebutkan di atas, selain itu sekarang kita sudah tidak asing lagi mendengar kata radio apalagi menggunakannya sudah tentu mengetahui, setelah radio digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, muncul lagi yang namanya televisi, televisi lebih canggih dari pada radio karena kita dapat mengetahuinya secara audio visual. Dengan perkembangan jaman yang begitu pesat munculah teknologi yang lebih canggih yaitu telepon genggam atu hp. Selanjutnya keluarlah internet.  Dengan Internet kita dapat berinteraksi tanpa batasan jarak fisik, waktu, kelas ekonomi, ras, Negara atau jarak geografis. informasi mengalir dengan sangat cepat dan menyeruak ruang kesadaran banyak orang. Perubahan informasi kini tidak lagi ada dalam skala minggu atau hari atau bahkan jam, melainkan sudah berada dalam skala menit dan detik. Sekarang kalau kita perhatikan, setiap orang sudah mempunyai komputer, semakin portable dan mobile. Akibatnya seluruh peralatan yang menunjang kehidupan manusia akan mengandung komputer yang embedded. Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Dengan teknologi informasi dan komunikasi semua proses kerja dan konten akan diubah dari bentuk fisik dan statis menjadi digital, mobile, virtual ataupun personal sehingga kecepatan kinerja bisnis meningkat dengan cepat.
Nah, sepertinya kehidupan kita tidak akan terlepas dari penggunaan teknologi informasi bahkan teknologi informasi telah menjadi bagian yang mutlak diperlukan manusia. Tidak ada seorang manusia yang dapat terlepas dari penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari – harinya. Contohnya saja dalam bidang pendidikan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi semuanya membutuhkan teknologi informasi yang berbasis elektronika, bahkan sekarang sudah memungkinkan untuk diadakannya proses belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan peserta didik dengan pendidiknya, untuk melihat jadwal kuliah, untuk mencari materi online, mengecek keuangan atau bahkan dalam mengumpulkan tugas sekalipun antara peserta didik dan pendidik tidak perlu bertatap muka hanya cukup dengan mengirimkannya lewat email saja. Selain itu kita juga dapat dengan mudah dan cepat berinterksi dengan orang lain misalkan melalui chatroom, discussion group ataupun milist. Dalam bidang pemerintahan contohnya adalah penerapan e-goverment sebagai sistem informasi yang tersebar di seluruh daerah dan departement, misalnya koordinasi pemerintahan dilakukan melalui email atau bahkan Videoconference.
Sekarang mari kita amati bagaimana munculnya teknologi informasi dalam kehidupan kita. Seperti kita ketahui bahwa teknologi adalah cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi keinginannya. Ada dua jenis teknologi yaitu teknologi konvensional ( tradisional) dan teknologi modern. Dari namanya saja konvensional dan modern sudah jelas memiliki perbedaan yang bertolak belakang. Teknologi informasi konvensional masih dikerjakan secara manual dan jangkauannya pun masih sangat terbatas sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama karena bersumber pada sesuatu yang bersifat nyata, misalnya bersumber dari buku bacaan. Selain itu bersifat mengulang – ulang atau tidak adanya kreasi dan inovasi dalam mengembangkan informasi itu sendiri dan seni mengajarnya karena bersumber dari buku bacaan tadi yang digunakan untuk jangka waktu yang lama. Dalam mendapatkannya pun mengalami keterbatasan financial dan jauhnya lokasi untuk mendapatkannya. Penggunaan teknologi ini cenderung menggunakan metode tatap muka. Sedangkan teknologi informasi modern dilakukan secara mekanis, serba canggih dan jangkauannya sangat luas dan serba cepat ( instan). Teknologi ini biasanya sudah menggunakan internet dalam mengirim/menerima data informasi sehingga tidk membutuhkan waktu yang lama, lebih singkat, lebih terbuka karena bersumber dari sesuatu yang berbasis elektronika seperti internet tersebut. Teknologi modern ini berbeda dengan teknologi konvensional karena tidak terpaku pada buku yang sama namun relative kreatif dan berinovasi serta berkembang mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan teknologi. Ini ditandai dengan adanya CD tutorial, E-book ataupun buku-buku online lainnya yang dapat di akses kapanpun dan dimanapun saja tanpa memperhatikan jarak. Selain itu harganya relatif murah dan tidak selalu harus bertatap muka tetapi dapat dipadukan dengan metode online ( via internet dan erbagai pengembangan informasi lainnya).
            Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi informasi juga mengalami    perkembangan dari waktu ke waktu, ada beberapa masa yang terdokumentasikan diantaranya:
1.     1.  Masa prasejarah
Pada jaman ini teknologi informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Informasi yang didapatkan digambarkan pada dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Perkembangan selanjutnya dimulai dengan menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi-bunyi dan isyarat seperti gendang dan yang lainnya.
2.    2.   Masa sejarah
Pada masa ini teknologi berkebang pada masyarakat kalangan atas seperti kepala suku yang digunakan pada kegiatan tertentu seperti upacara adat atau ritual.
a.       Masa tahun 300 SM
Pada masa ini manusia mengenal simbol berupa piktograf sebagai huruf yang mempunyai bunyi untuk informasi, sehingga mampu membentuk kata, kalimat dan bahasa. Informasi ini digunakan oleh Bangsa Sumeria untuk pertama kali.
b.      Masa tahun 2900 SM
Pada masa ini ditemukan banhwa Bangsa Mesir Kuno mengenal huruf Hierogliph yang berupa ungkapan.
c.       Masa tahun 500 SM
Masa ini merupakan pengenalan media informasi yang sebelumnya berupa lembaran tanah berganti menjadi serat pohon papyrus.
d.      Masa tahun 1455
Masa ini merupakan upaya dalam menciptakan mesin cetak. Pada masa ini manusia sudah menggunakan mesin cetak berupa plat huruf yang terbuat dari besi yang kemudian digantikan dengan bingkai dari kayu yang dikembangkan oleh John Gulenberg.
e.       Masa tahun 1800-an
Pada tahun 1830 orang sudah mengenal program komputer seperti menciptakan mesin analytical, pengiriman serta penampilan teknologi informasi dan pengembangan sistem penulis desimal.
f.       Masa tahun 1900-an
Pada masa ini ditandai dengan penciptaan tabung tv yang pertama (1923). Pada masa perang dunia II dikembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang inforasi yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Pertumbuhan teknologi informasi (internet) melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan.
            Dari sejarah perkembangan teknologi di atas, ternyata ada juga bidang-bidang yang memicu perkembangan teknologi agar berkembang lebih pesat. Diantaranya :
a.       Bidang pendidikan
Di bidang pendidikan sangat memicu perkembangan teknologi informasi. Globalisasi berpengaruh pada kecenderungan pergeseran-pergeseran dalam dunia pendidikan yangkonvensional(tatap muka) kearah pendidikan yang lebih terbuka dan fleksibel. Dengan perkembangan teknologi dan informasi memungkinkan dalam pendidikan diadakan belajar jarak  jauh menggunakan media internet dalam menghubungkan peserta didik dan pendidiknya. Dalam bidang ini perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi selalu berkembang dari hari ke hari sehingga memacu penciptaan alat-alat yang mendukung perkembangan teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alatkomunikasi yang searah maupun dua arah.
b.      Bidang pemerintahan
Di bidang pemerintahan mengacu pada penggunaan teknologi informasi pemerintahan, seperti penggunaan intranet dan internet yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis dan kegiatan lainnya, karena sistem pemerintahan yang baik adalah yangmemenuhi tuntutan masyarakatnya.  Hal ini memicu penciptaan alat-alat yang mendukung perkembangan teknologi informasi guna tercapainya keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah.
c.       Bidang Keuangan dan Perbankan
Di bidang Keuangan dan Perbankan para pelaku ekonomi khususnya di kota-kota besar telahmemanfaatkan layanan Perbankan modern. Oleh karenanya di bidang ini dibutuhkan teknologiinformasi yang handal yang dapat diakses oleh nasabahnya. Hal inilah yang memicu perkembangan teknologi untuk lebih canggih lagi guna menunjang keberhasilan sebuah lembagakeuangan / Perbankan tsb.
            Apabila dilihat dari sejarah perkembangan teknologi informasi yang berkembang begitu pesat, ini akan berdamapak juga pada ekspektasi perkembangan teknologi informasi ke depannya. adalah akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktifitas kerja sekarang misalnya:
a.       Komputer ada di mana-mana, semakin  portable  dan mobile. Di sisi lain, seluruh peralatan yang menunjang kehidupan manusia akan mengandung komputer yang embedded. Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Internet akan mengandung informasi yang berlimpah. Manusia dapat bekerja, menikmati hiburan, bersosialisasi dan berkelana secara virtual ke seluruh dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduknya. Robot-robot cerdas akan melayani seluruh kebutuhanmanusia. Manusia dapat melakukan berbagai hal dengan upaya fisik yang sangat minimum. Dua hal kunci adalah: Cyberspace atau dunia virtual, anytimeanywhere access dan minimalisasi aktifitas fisik.
b.      Berkembangnya pendidikan terbuka dengan cara belajar jarak jauh ( distance learning).
c.       Sharing resources antar lembaga dalam sebuah jaringan
d.      Perpustakaan dan instrumen pendidikan seperti guru dan laboratorium akan berubah fungsi menjadi sumber informasi
e.       Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM dan Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Selain itu, kita dapat membayangkan bagaimana kemajuan teknologi informasi pada masa yang akan datang dengan mengikuti era globalisasi. Mungkin tanpa terduga kemajuan yang tidak masuk akal pun akan tercipta.
a.       Pada waktu 5 tahun mendatang.
Perangkat kecil yang dioperasikan oleh baterai yang sangat lama, layar fleksibel dan proyektor HD built in, layar sentuh multitouch yang lebih besar, input gerakan lebih baik, dan pengenal suara yang sempurna, serta jaringan 4G/5G dan wifi sudah mencangkup hingga ke negara berkembang tidak hanya negara maju saja.
b.      Pada 10 tahun mendatang
Penggunaan papan ketik virtual dan input suara menggantikan papan ketik fisik secara menyeluruh, teknologi dimana semua orang dapat terhubung dimanapun dan kapanpun (whitespace), serta LCD transparan yang dapat diaplikasikan ke kaca regular.
c.       Pada 15 tahun mendatang
Lensa kontak yang dapat memproyeksikan gambar visual langsung ke retina mata, mengontrol perangkat dengan menggunakan pikiran, internet akan megandung informasi yang berlimpah.
d.      Pada 20 tahun mendatang
Manusia dapat bekerja, menikmati hiburan, bersosialisasi dan berkelana secara virtual keseluruhan dunia tanpa hrus beranjak dari tempat duduknya. Robot-robot cerdas akan melayani seluruh kebutuhan manusia. Manusia dapat melakukan berbagai hal dengan upaya fisik yang sangat minimum.
            Sangat hebat sekali bagaimana peran teknologi informasi dapat membantu manusia dalam melakukan berbagai hal. Sehingga manusia dapat melakukan pekerjaannya secara optimal. tetapi mari kita bandingkan hasil kerja dengan dan tanpa mengoptimalkan teknologi informasi. Diantaranya:  transfer dokumen yang dahulu 3 hari (dengan surat pos) sekarang ( dengan faximile/email) hanya 45 detik,  operasional penerbangan (airline operation) dahulu 20 menit sekarang hanya 30 detik, pemesanan PC (build to order PC) yang dahulu 6 hari sekarang hanya 24 jam, proses analisa perdagangan (trading analytics) dahulu membutuhkan waktu 30 menit sekarang hanya 5 detik, supply chain updates yang dahulu 1 hari sekarang hanya 15 menit, penyelesaian dagang (trade settlement) yang dahulu 3 hari sekarang hanya 1 hari, penelusuran posisi keuangan (track financial position) yang dahulu membutuhkan waktu 1 hari penuh sekarang hanya 5 menit, aktifasi telepon yang dahulu 3 hari sekarang hanya 1 jam, pemulihan gudng data yang dahulu 1 bulan sekarang hanya 1 jam, pertanyaan-pertanyaan yang diterima oleh call center yang dahulu membutuhkan waktu 8 jam dengan bantuan expert information system sekarang hanya membutuhkan waktu 10 detik.
            Terasa sekali manfaat teknologi bagi kehidupan kita, apabila diperinci dampak positif dari teknologi informasi bagi kehidupan kita diantaranya :
·         Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia bisnis dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce yaitu sebuah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
·         Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi yaitu diterapkannya transaksi perbankan lewat internet antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening
·         Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan jaman. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
·         Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam kesehatan sistem berbasis kartu cerdas dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien
·         Adanya kemudahan dalam mengerjakan suatu kegiatan secara cepat, tepat, dan akurat sehingga dapat meningkatkan kinerja. Komputer ada dimana-mana, semakin portable dan mobile ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap informasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dengan teknologi informasi dan komunikasi semua proses kerja dan konten akan diubah dari bentuk fisik dan statis menjadi digital, mobile, virtual ataupun personal sehingga kecepatan kinerja bisnis meningkat dengan cepat.
Kita juga tidak boleh melupakan bahwa segala sesuatu juga mempunyai kelemahan termasuk teknologi informasi juga memiliki dampak negatifnya, diantaranya :
·         Penipuan dengan memanfaatkan TIK makin banyak ditemukan. Internetpun tidak luput dari serangan para penipu
·         Carding yaitu merupakan pembelian barang di internet menggunakan kartu kredit bajakan. Cara belanja kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet karena bersifat langsung.
·         Pornografi
·         Perjudian. Dengan luasnya jaringan yang tersedia, para penjudi tidak pernah perlu pergi ke tempat khusus untuk berjudi.
·         Tanyangan berupa kekejaman dan kesadisan

0 komentar:

Posting Komentar

 

Our Linguistik. Design By: SkinCorner